Cari Blog Ini

Halaman

Hal-hal Penting Seputar Keyword

Target utama dari setiap teknik SEO adalah traffic, traffic dan traffic. Salah satu hal yang sangat penting adalah optimasi keyword.

Berikut adalah hal-hal penting seputar keyword, yang perlu dilakukan dan yang harus dihindari. Informasi ini saya dapatkan dari situs webconfs.com, yang saya rasa cukup menarik untuk diperhatikan.

Sebenarnya teori-teori SEO ini lengkap dari mulai keyword, links, metatags, content, dll.
Tapi yang mau saya catat disini adalah khusus mengenai keyword, yang lain mungkin menyusul atau kalau sobat tidak sabar silahkan ke situs tersebut ya.
Penulisan disini sudah diterjemahkan dan disederhanakan agar berikut sedikit petunjuk agar mudah dicerna.

Hal yang perlu dilakukan untuk optimasi keyword (berurutan dari yang terpenting) adalah :

  1. Keyword dalam title tag
    Ini adalah salah satu tempat yang paling penting mendapatkan keyword karena apa yang tertulis pada title tag akan muncul pada halaman pencarian. Judul tag harus singkat (sekitar 6 - 7 kata) dan keyword harus dekat awal judul.
  2. Keyword dalam URL
    Keyword dalam URL membantu banyak contoh : http://domainkita.com/seo service.html, dimana "seo service" adalah keyword yang kita harapkan mempunyai ranking baik di SE. Tetapi keyword ini harus juga muncul pada artikel/post, jangan mengandalkan hanya muncul di URL. (Petunjuk : untuk pengguna blogger blogspot 5 kata pertama dari judul post akan menjadi URL)
  3. Keyword density dalam artikel/post
    Salah satu faktor yang perlu diperiksa. 3 - 7 % untuk keyword utama adalah yang terbaik dan 1 - 2 % untuk keyword lainnya. Lebih dari 10% akan mencurigakan, lebih seperti dipaksakan daripada artikel yang ditulis normal.
  4. Keyword pada anchor text
    Keyword pada anchor text dari link yang kita peroleh dari luar blog/situs lain akan dianggap sebagai vote dari situs tersebut juga akan menjadi keyword bagi blog kita.
  5. Keyword pada heading (H1, H2, dll)
    Sangat diperhitungkan oleh mesin pencari.
  6. Keyword pada awal artikel
    Juga diperhitungkan, walau tidak seperti anchor text, title tag dan headings.
  7. Keyword pada tag
    Spider bot tidak membaca gambar, tapi membaca text pada deskripsi untuk gambar pada tag. Jadi isi tag dengan keyword jika kita menggunakan gambar pada artikel.
  8. Keyword pada metatags
    Semakin kurang berperan, terutama untuk Google. Tetapi tidak pada MSN dan Yahoo. Jadi kalau kita mau optimasi untuk MSN dan Yahoo gunakan meta keyword ini.
  9. Kedekatan keyword
    Apabila keyword kita terdiri dari kalimat misalnya 'buah segar', usahakan agar penulisannya dalam artikel berdekatan, jangan terpisahkan oleh kata atau kalimat lain.
  10. Frasa keyword
    Akan lebih baik untuk optimasi jika keyword terdiri dari beberapa kata misalnya 'buah segar' dari pada hanya buah saja.
  11. Keyword kedua (tambahan)
    Contoh 'buah segar dari cibaduyut' (cibaduyut ? emang penghasil buah segar ?). Memang akan lebih spesifik dari pada hanya 'buah segar' dan tentunya akan lebih kurang populer, namun bersaing pada keyword yang lebih spesifik juga menguntungkan, karena akan mendapatkan pengunjung yang spesifik pula dan tidak mengurangi pengunjung secara keseluruhan, karena keyword utama tetap ada yaitu 'buah segar'.
  12. Kata dasar pada keyword
    Untuk bahasa inggris tidak terlalu masalah, karena mesin pencari akan mudah mengenalinya misalnya dog akan dianggap sama dengan dogs, doggy, dll. Akan menjadi masalah apabila bukan bahasa inggris.
  13. Sinonim
    Sama seperti kata dasar, akan tidak bermasalah untuk bahasa inggris, karena SE akan mengenalinya contoh see dan look. Untuk bahasa selain English akan menjadi masalah.
  14. Kesalahan penulisan keyword
    Tidak terlalu bermasalah. Apalagi kalau memang sudah menjadi bahasa umum misalnya untuk "christmas" dan "x'mas". Tapi akan mengurangi kesan baik dari artikel kita, jadi gunakan hanya pada meta keyword.

Hal-hal yang perlu dihindari dalam optimasi keyword adalah :
  1. Penggunaan keyword yang terlalu banyak pada satu artikel akan membuat keyword utama kita justru akan berkurang density-nya. Apalagi jika tidak berhubungan dengan artikel kita
  2. Keyword density lebih dari 10% akan dianggap pengisian keyword pada artikel (terlalu dipaksakan) dan ada resiko di banned oleh SE. (lihat no. 3 di atas)
Nah, sementara ini dulu, yang lain akan menyusul mengenai metatag, links, content, dll.
Selamat mencoba. Semoga memang berguna.
Atau kalau ada yang punya pendapat lain silahkan komentar ya......






2 comments:

Cerita Panas mengatakan...

infonya bagus nih.. ilmunya dalem ternyata... ^^

belajar toefl mengatakan...

waow... ternyata berpengaruh yach, untuk keyword density... ada info lain...? thx...

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerPojok Santai by UsuárioCompulsivo
original Washed Denim by Darren Delaye
Creative Commons License