Cari Blog Ini

Halaman

Apa itu Sitemap ?

Apa itu Sitemap ? saya yakin hampir semua blogger sudah tahu istilah ini. Namun ada baiknya juga kita diskusikan disini (biar saya juga tidak lupa).
Sitemap dalam pengertian 'dik' Google, yang bisa dilihat disini (dalam English) dan saya coba terjemahkan adalah :

Secara sangat sederhana, Sitemap adalah daftar halaman di situs Web (blog) Anda. Membuat dan mendaftarkan Sitemap dapat membantu memastikan bahwa Google mengetahui tentang semua halaman di situs Anda, termasuk URL yang mungkin tidak ditemukan oleh proses crawling normal Google.
Jadi setiap kali membuat halaman baru (baca : posting baru), akan terindeks oleh google. Apalagi untuk blog baru yang backlinknya masih sedikit (persis seperti blog ini), karena mesin penggerayang (crawler) google (googlebot) bekerja dengan cara mengikuti link antara halaman (page) yang satu ke yang lain.


Penting sekali kan ?
Bagaimana dengan Yahoo ? Hampir sama dengan 'nak' Google juga. Yahoo 'butuh' sitemap juga agar dapat mengindeks halaman kita dengan baik.
Bagaimana dengan MSN ? Wah disini kelihatannya mesin penggerayang (crawler) MSN lebih unggul (kelihatannya yah) dari pada google dan yahoo, ini terbukti karena mereka tidak 'meminta' kita untuk mendaftarkan Sitemap.

Lantas sekarang, bagaimana caranya ? Mari menuju ke Daftar Sitemap pada Google & Yahoo.



1 Comment:

krozbonek mengatakan...

menarik sekali artikelnya tentang apa itu sitemap
makasih infonya

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerPojok Santai by UsuárioCompulsivo
original Washed Denim by Darren Delaye
Creative Commons License