Cari Blog Ini

Halaman

Mengusahakan Tidur Yang Berkualitas

Ada artikel menarik yang saya baca di Kompas Minggu, 12 Juli 2009 tentang "Mengusahakan Tidur yang Berkualitas". Artikel ini cukup menarik buat kita yang memang susah tidur entah karena memang insomnia atau kesibukan. Jadi saya putuskan untuk share.

Lama tidur yang sangat baik adalah selama 7 - 8 jam perhari dengan kualitas yang baik. Makanya perlu diusahakan untuk dapat tidur dengan nyenyak, yang antara lain dapat diusahakan dengan cara :

  1. Gunakanlah tempat tidur hanya untuk tidur, bukan untuk menonton televisi, belajar, atau melakukan hal lain. Karena melalui penelitian, terbukti bahwa orang yang mengalami gangguan tidur adalah orang-orang yang meletakkan di kamar tidurnya

  2. Usahakanlah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya, karena kebiasaan ini akan membentuk jam biologis kita. Sehingga, tubuh akan dengan sendirinya terbiasa dengan hal itu.

  3. Cobalah untuk mendengarkan musik relaksasi yang biasanya hanya berupa instrumen dengan tempo yang lambat. Usahakan mendengarkan musik sambil menenangkan diri kita juga. Melepaskan kepenatan dan gangguan pikiran yang menghantui kita. Mendengarkan musik yang tenang dapat mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk beristirahat/tidur.

  4. Usahakan untuk tidak minum-minuman yang mengandung kafein lima sampai enam jam sebelum tidur. Contohnya kopi dan teh karena, minuman tersebut akan membuat kita segar.

  5. Berhentilah dari kebiasaan minum minuman keras/beralkohol.

  6. Usahakanlah untuk tidak memakan makanan berat sebelum tidur, karena akan memperberat kerja organ-organ pencernaan saat tidur. Namun, jangan pula memakan makanan terlalu sedikit, karena akan membuat lapar dan tidak bisa tidur.
Tidur yang nyenyak sangat membantu kita untuk dapat berkonsentrasi pada hari berikutnya. Kita juga akan lebih mudah menyerap materi baru karena kondisi badan yang segar. Secara tidak langsung, tidur dapat meningkatkan kinerja kerja kita.

Tidur dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Pasalnya, selama kita tidur, hormon-hormon akan bekerja lebih aktif. Selain itu, sel-sel tubuh kita juga akan melakukan pemulihan ketika kita tidur. Oleh karena itu, usahakanlah tidur dengan waktu yang cukup setiap hari dengan memperhatikan juga kualitas tidurnya.



5 comments:

Risefa mengatakan...

Artikelnya bagus dan keren sangat berguna bagi orang yang mengalami insomania.

Trims sudah komen dan mendo'akan almarhumah ibuku, semoga anda dan keluarga sehat selalu dan senantiasa dalam kasih sayangNya.

Radill mengatakan...

bagus tips nya sob.

delvita mengatakan...

artikelnya bagus dan sangat bermanfaat

free dating sites mengatakan...

This is a smart blog. I mean it. You have so much knowledge about this issue, and so much passion. You also know how to make people rally behind it, obviously from the responses. You’ve got a design here that’s not too flashy, but makes a statement as big as what you’re saying. Great job, indeed. Oracle courses.

Menyembuhkan Herpes mengatakan...

nice info, ditunggu tips berikutnya.. :)

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerPojok Santai by UsuárioCompulsivo
original Washed Denim by Darren Delaye
Creative Commons License