Cari Blog Ini

Halaman

Membuat Blog di Blogspot

Ternyata setelah beberapa lama ngeblog, ketika ada orang minta dibantuin bikin blog, malah lupa. Akhirnya muncul ide untuk membuat blog ini. Untuk berbagi sekaligus untuk menaruh sebagian memori di otak (biar gak kepenuhan) mengenai blogging dan lainnya yang berkaitan dengan blogging.

Tulisan pertama di blog ini memang mengenai membuat blog di blogspot. Sengaja saya memposisikan diri dari nol (sekarang di posisi 1 dari skala 10... persis pagerank).

Mari mulai.....

Syarat yang terpenting adalah kita telah mempunyai account di google (gmail, google group atau orkut) atau bisa juga mendaftar dengan email yang kita punya selain gmail, tetapi dalam prosesnya nanti agak sedikit ribet.

Berikutnya adalah :

  1. Buka halaman blogger.com dan login (gunakan account login pada gmail)

  2. Klik pada Buat blog (create blog)

  3. Kita akan di bawa ke halaman " Beri nama blog anda", isilah form yang ada sesuai dengan keinginan anda antara lain :

      • Judul blog (Blog title)

      • Alamat blog / URL (Blog address). Sampai disini kita diminta untuk mengklik check avaibility atau ketersediaan alamat URL, karena bisa saja alamat blog yang akan kita gunakan telah digunakan pengguna lain.

      • Lakukana verifikasi kalimat

      • Mengenai opsi lanjutan (advanced option) ada 2 pilihan yaitu host your blog / menyiapkan blog tingkat lanjut (hosting blog kita selain dari blogspot) dan import a blog tool / alat impor blog (menggunakan blog tool selain blogspot), sebainya di skip aja.

  4. Klik continue (lanjutkan)

  5. Kita kemudian akan di bawa kehalaman pemilihan template.
  6. Pilih sesuai keinginan kita. Bila ingin menggunakan template lain lakukan perubahan nanti, sementara pilih aja dulu yang ada.

  7. Klik continue (lanjutkan)

  8. Selesai.

Kita sudah bisa mulai posting (menulis), membuat personal profile dan mengatur tampilan blog kita

Selanjutnya yang saya rasa cukup penting adalah membuat uraian (description) mengenai blog kita. Klik pada pengaturan (setting), kemudian klik dasar (basic), lalu isi kolom pada deskription (uraian) mengenai blog kita, selebihnya biarkan apa adanya. Kemudian klik simpan setelan (save setting).

Cukup dulu untuk sementara ah.... cape juga ngetiknya.

Selamat berblog ria......happy blogging.



0 comments:

Posting Komentar | Feed



 
^

Powered by BloggerPojok Santai by UsuárioCompulsivo
original Washed Denim by Darren Delaye
Creative Commons License